Cara Menggapai Khusnul Khotimah

Setiap jiwa pasti mati. Kematian pasti datang, saat, dimana dan bagaimana kita mati tidak ada yang tahu. hanya Allah yang tahu. Kita semua berharap agar hari kematian kita dalam keadaan khusnul khotimah. Semoga Allah melimpahkan rahmatNya dan memberikan akhir hidup kita akhir yang baik. Para ulama menyampaikan khusnul khotimah itu harus diupayakan. Tanpa usaha Allah tidak akan memberi. Berikut beberapa cara agar tercapai khusnul khotimah seperti yang kita harapkan. Kita kuatkan dan kita sabarkan melaksanakan karena jalannya penuh terjal dan duri.

1. Ikhlas kepada Allah

Mari setiap kita melangkahkan kaki berbuat  kebaikan walupun kecil, kita ingat tujuan hanya mencari ridlo Allah. Kalau kita lupa/ tidak bertujuan mencapai ridlo Allah berartikita  termasuk golongan orang yang riya. Orang riya itu permainannya syetan dan diakhirat tidak akan menemui pahala dari amalnya. Orang riya itu bagaikan orang yang bekerja keras di Malasyia (TKW mungkin) dan hasilnya dikirim ke rumah tapi salah alamat. Betapa ruginya saat dia pulang ke indo menjumpai  kirimannya/simpanannya tidak sampai. Amal yang karena ingin dipuji pahalanya bukan disisi Allah karena salah alamat.

Orang yang sholat juga dituntut ikhlas. Tandanya ikhlas pada orang sholat adalah sholatnya tidak tergesa-gesa, tidak hanya mengerjakan yang wajib saja, tetapi juga yang sunnat2. Lihat sholat terawih kita! Sudahkah kita ikhlas karena Allah? Bagaimana tuma’ninahnya? bacaan sunnah2 dalam sholat dibaca atau tidak?

2. Berbuat baik dengan sesama manusia dan makhluk Allah

Kalau kita ingin khusnul khotimah, akhlak kita terhadap sesama manusia harus baik. Dosa terhadap sesama tidak diampuni Allah kalau sesama kita tidakmemaafkan kita. Sebagian besar orang tidak berbuat jelek tetapi hanya mengimbangi kejelekan orang. Derajat yang khusnul khotimah adalah yang mampu membalas kebaikan kepada orang yang bernuat kejelekan kepada kita.

Ada 4 cara agar kita bisa baik dengan orang :

- memaafkan orang lain jika orang lain berbiat salah kepada kita (apapun kesalahannya)

- Jangan takut/ragu2 untuk cepat minta maaf kalau kita salah.

- Jangan suka berharap pemberian orang lain.

- Jadilah orang yang suka memberi. Jangan bakhil (“medit”)

Dengan makhluk Allah yang lain kita harus mempunyai rasa kasih sayang. Termasuk dengan hewan dan tumbuhan. Janganlah menipu kucing dengan memanggil “cing-cing” dengan genggaman tangan yang kosong (tidak ada makanan yang diberikan). Pakailah pisau yang tajam untuk menyembelih. Jangan memotong tanaman tanpa ada sebab. Ingatlah semua itu makhluq Allah yang bisa “mendengar, melihat, dan merasakan”. Kita berbuat baik kepadanya dia akan membalas dengan kebaikan (doa-doanya).

3. Melanggengkan wudlu

Dengan melanggengkan wudlu, insya Allah akan membebaskan dari musibah dan meluaskan rezeki.

4. Memperbanyak dzikir.

Dzikir itu merupakan jalan terpendek mendekati Allah. tanda orang itu menjadi kekasih Allah adalah dzikir. Contoh dzikir adalah takbir, tahmid, tasbih, tahlil, dan asmaul husna. Denganmemperbanyak dzikir insyaAllah hati kita tenang dan mudah menerima hidayah/petunjuk dari Allah.

2 Komentar »

  1. alif ebooks Said:

    Ya Allah berikanlah ikhlas dalam amal ibadah kami, hilangkan riya/rasa pamer kepada manusia. Jadikanlah akhir hidup kami khusnul khotimah.
    amin

  2. Edhie Soeprapto Said:

    Alkhamdulillah, pencerahan bagi saya yang sudah senja, makin sempit kesempatan yang saya miliki untuk berusaha menggapai kematian yang terindah. Semoga Allah senantiasa membimbing dan menuntun saya, amin.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: